Info Sekolah
Selasa, 02 Jul 2024
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE ASSALAFI SUSUKAN
15 Februari 2023

Keunggulan Dan Kelebihan SMA Dibandingkan Sekolah Kejuruan

Rabu, 15 Februari 2023 Kategori : Uncategorized

Program wajib belajar 12 tahun masih digalakkan pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas. Bila Kamu punya cita-cita ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, maka pertimbangkan masuk ke SMA saja. Ada beberapa keunggulan atau kelebihan SMA dibandingkan sekolah kejuruan yang bisa Kamu jadikan referensi.

Sebelum terlanjur mendaftarkan diri, berikut beberapa kelebihan SMA yang perlu Kamu perhatikan yaitu :

1. Punya kesempatan mempelajari lebih banyak teori

Alasan masuk SMA sebab Kamu punya kesempatan mempelajari lebih banyak teori lebih detail. Bila Kamu ingin lanjut kuliah, maka pemahaman teori di SMA sangat penting nantinya.

2. Materi yang dipelajari lebih luas

Hal ini sesuai dengan jurusan yang Kamu pilih di SMA, misalnya jurusan IPA yang akan membuat Kamu belajar materi lebih luas seperti Fisika, Kimia dan Biologi.

3. Bisa menentukan minat lebih awalKamu akan belajar lebih fokus pada materi yang paling disukai, misalnya Fisika. Kamu bisa memilih mau lanjut kuliah di jurusan Fisika Murni atau Fisika Terapan nantinya.

4. Bisa belajar lebih disiplin

Kamu bisa mulai belajar lebih disiplin dalam membagi waktu antara kegiatan dan mengerjakan tugas. Ada banyak tugas dan pekerjaan rumah sehingga Kamu sudah terbiasa mengerjakan tepat waktu.

5. Punya lebih banyak waktu untuk ekstrakurikuler dan organisasi

Alasan memilih SMA sebab Kamu punya jadwal belajar lebih pendek dengan praktik yang tidak sepanjang anak SMK. Kamu bisa lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi yang bisa meningkatkan kreativitas.

6. Potensi pengembangan akademik lebih unggul

Kamu tidak disiapkan untuk lulusan yang siap kerja sehingga bisa mengembangkan potensi akademik lebih unggul, misalnya ikut berbagai perlombaan akademik.

7. Suasana belajar yang lebih seru bersama teman

Punya banyak waktu untuk belajar atau bermain dengan teman tanpa memikirkan magang atau program praktik kerja lapangan, Kamu bisa memilih sekolah di SMA saja.

8. Potensi penerimaan PTN lebih tinggi

Meski anak SMK bisa memilih kuliah, tetapi fakta di lapangan menunjukkan potensi penerimaan PTN lebih tinggi untuk SMA.

9. Masih punya peluang lintas jurusan

Ada beberapa jurusan yang memang tidak boleh lintas jurusan sesuai ketentuan PTN, misalnya Kedokteran atau program Saintek lain, tapi anak IPA masih leluasa bisa masuk jurusan di rumpun Soshum.

10. Biaya sekolah lebih murah

Alasan memilih SMA sebab masih unggul dari segi biaya yang lebih ringan meski tidak bisa menjadi patokan secara umum. Mengingat ada banyak biaya untuk praktik, SMK biasanya lebih mahal dibandingkan SMA Negeri.

Pertimbangan memilih sekolah dengan memperhatikan poin kelebihan SMA di atas bisa menjadi referensi Kamu yang masih galau mau lanjut ke mana, ya! Pastikan Kamu memang memiliki minat belajar akademik bila melanjutkan di SMA alih-alih SMK yang menyiapkan lulusan siap kerja.

Tulisan Lainnya

Oleh : admin

HAB KEMENAG KE-77

Oleh : admin

JUM’AT BERKAH

Oleh : admin

Go Green School

Oleh : admin

UJIAN PRAKTIK PKWU

Oleh : admin

Negosiasi

Oleh : admin

HUT RI 77

Oleh : admin

KEGIATAN RAMADHAN

Oleh : admin

PENTAS SENI BUDAYA

1 Komentar

Runi , Rabu 7 Jun 2023

Revolusi 4.0 menjadi tantangan lembaga pendidikan menghasilkan kualifikasi lulusan yang bisa memenuhinya. Publik speaking dan writting skill adalah contoh dua keterampilan yang wajib dimiliki.

Balas

Tinggalkan Komentar

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

  • Hari Kebangkitan Nasional
    Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei di Indonesia. Hari ini memiliki makna penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan. Berikut adalah ringkasan mengenai sejarah Hari Kebangkitan Nasional: Latar Belakang Berdirinya Budi Utomo Peran Budi Utomo Pengakuan Resmi Makna Hari Kebangkitan Nasional Hari Kebangkitan Nasional adalah simbol dari semangat… Baca selengkapnya: Hari Kebangkitan Nasional
  • MILAD SMA ASSALAFI KE-22
    “22 TAHUN MENGABDI UNTUK UMMAT” Susukan, 29 Februari 2024. Tujuan dari kegiatan perayaan  milad atau ulang  tahun SMA Assalafi Susukan ini   ialah suatu bentuk rasa syukur kepada  Allah, SWT  Tuhan Yang Maha Pemurah bahwasannya sekolah masih bisa eksis serta diberi kesempatan mengabdi untuk masyarakat, sebagai tempat  mendidik dan mempersiapkan generasi bangsa ke depan dan… Baca selengkapnya: MILAD SMA ASSALAFI KE-22
  • Go Green School
    Susukan, Rabu 28 Februari 2024. Konsep Green school adalah sebuah konsep pendidikan yang berfokus pada keberlanjutan dan lingkungan yang ramah. MTs dan SMA Assalafi Susukan sebagai lembaga pendidikan formal berusaha untuk mengimplementasikan kurikulum pembelajaran dari konsep green scool dengan mengajak siswa dan siswi Assalafi menanam bunga dan tanaman hias lainnya di lingkungan sekolah sebagai bentuk… Baca selengkapnya: Go Green School
  • JUM’AT BERKAH
    Susukan, Jum’at 23 Februari 2024 para siswa-siswi SMA dan MTs Assalafi Susukan melakukan kegiatan rutinan Jum’at berkah kali ini para siswa diajak untuk Ziarah kubur di makam K. Hasan Marji yaitu salah satu tokoh masyarakat yang menyebarkan agama Islam di Dusun Talok Kenteng Susukan yang berada di Komplek Pemakaman Keluarga Pondok Pesantren Nurul Furqon ,… Baca selengkapnya: JUM’AT BERKAH
  • UPRAK PKWU SMA ASSALAFI 2024
    PKWU adalah – Dunia yang semakin maju dalam segi apapun menjadikan manusia selalu dituntut untuk terus mengikutinya. Bahkan dalam dunia kerja juga sudah mulai mengalami persaingan yang begitu ketat. Oleh karena itu setiap individu selalu dididik untuk bisa beradaptasi terhadap situasi apapun, salah satunya adalah ketika menghadapi dunia kerja yang sampai saat ini membutuhkan SDM penuh… Baca selengkapnya: UPRAK PKWU SMA ASSALAFI 2024